A S R I L, S.Sos.I

Guru PAI Pada SD Negeri 12 Tanah Gsram Kota Solok Sumatera Barat. Disamping sebagai seorang guru juga seorang Da'i/Muballigh yang mengajak umat ke jalan yang be...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pujian dan Cacian
google.com/kata-kata bergambar

Pujian dan Cacian

#TantanganGuruSiana

#Tantangan365 Hari Yang Ke- 150

Pujian dan cacian tidak terlepas dari kehidupan kita. Adakalanya kita menerima pujian dan sanjungan dari orang lain. Tak jarang pula dilain pihak kita mendapatkan cacian dan makian dari orang lain.

Pujian. Siapa sih orang yang tidak senang dengan pujian ? sebagai manusia normal pasti senang dengan pujian. Tapi ingat, pujian yang berlebihan cenderung menjatuhkan seseorang. Ketika seseorang senang dipuji hal itu akan membuatnya lupa diri karena terlena dengan pujian dan sanjungan sehingga membuat dirinya gila pujian.

Cacian. Adakah orang yang mau dicaci? Jawabannya jelas tidak. Bahkan kalau ada orang yang mencaci maka akan dibalas pula dengan cacian yang sama bahkan lebih lagi dari itu. Tak jarang pula ketika saling caci mencaci harus berujung kepengadilan karena merasa nama baiknya dicemarkan.

Lalu bagaimana islam memandang dua hal ini (pujian dan cacian)?. Dalam ajaran islam pujian adalah ujian, karena fitnah (ujian) itu bisa berupa kebaikan dan keburukan. Dalam surat Al-Anbiya’ ayat 35 Allah berfirman :

كُلُّ نَفْسٍ ذَاۤىِٕقَةُ الْمَوْتِۗ وَنَبْلُوْكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً ۗوَاِلَيْنَا تُرْجَعُوْنَ

Terjemah Kemenag 2002

35. Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.

Pujian adalah ujian kebaikan. Karena boleh jadi saat kita dipuji kita merasa sombong dan merasa takjub kepada diri sendiri, bahkan bisa jadi kita lupa bahwa ini adalah nikmat dari Allah.

Oleh karena itu berhati-hatilah terhadap pujian dan cacian karena pujian bisa membuat orang terbang dan cacian bisa membuat orang jadi tumbang.

Solok, 14 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren pak.Tetap berpijak di bumi bisa lebih adem.Terimakasih telah berkunjung ke sriyonospd.gurusiana.id

14 Jul
Balas

Sama2 pak.

14 Jul

Jadi self reminder bagi kita penulis. Kadang kita dipuji mantap, keren tulisannya ada RASA yang timbul dihati. Terima kasih pak Asril. Salam literasi.

14 Jul
Balas

Mantap pak..betul sekali. PUJIAN. itu adalah UJIAN...termasuk juga FITNAH..sabar..jangan tumbang..salam hormat

14 Jul
Balas

Sama2 pak. Salam hormat juga utk bapak.

14 Jul

Betul sekali. Trmsk pengingatnya...Kereeen...

14 Jul
Balas

Sama2 bu, salam literasi.

14 Jul

Banyak yang senang ketika dipuji. Hingga ia lupa akan jati diri. Begitu pula sebaliknya, banyak juga yang merasa hina karena dicaci. Padahal semua itu adalah bagian dari sebuah ujian. Keren sekali abangda. Tulisan yang sangat luar biasa.

14 Jul
Balas

Trm ksh dinda.

14 Jul

Mantul,,,semoga kita tidak goyah dengan pujian dan hujatan,Mantap Pak Asril

14 Jul
Balas

Sama2 buk.

14 Jul

Keren ceritanya pak

14 Jul
Balas

Trm ksh bu, salam.

14 Jul



search

New Post