A S R I L, S.Sos.I

Guru PAI Pada SD Negeri 12 Tanah Gsram Kota Solok Sumatera Barat. Disamping sebagai seorang guru juga seorang Da'i/Muballigh yang mengajak umat ke jalan yang be...

Selengkapnya
Navigasi Web
Wanita Dimuliakan Oleh Islam (Part 2)

Wanita Dimuliakan Oleh Islam (Part 2)

#TantanganGuruSiana

#TantanganHariKe- 51

Islam menjadikan wanita makhluk yang yang istimewa dan diangkat kedudukannya dari kaum laki-laki. Bukti kemuliaan kaum wanita dari kaum laki-laki adalah dalam al-qur’an ada satu surat yang bernama An-nisa’ artinya wanita, mana ada Ar-rijal yang artinya Laki-laki, pada sebuah kota ada namanya ibu kota, mana ada bapak kota. Dalam sebuah negara nabi juga mengatakan wanita itu tiang negara, mana ada laki-laki tiang negara. Bahkan orang yang paling dihormati oleh anak-anaknya adalah wanita. Dalam hadits dikatakan 3 berbanding 1. 3 untuk ibu dan 1 untuk ayah. Itulah beberapa bukti kemuliaan wanita dibandingkan dengan laki-laki.

Dalam pandangan islam ada beberapa keistimewaan wanita :

1. Wanita dalam islam sama dengan laki-laki. Dalam al-qur’an surat Al-Hujurat ayat 13 Allah berfirma, “Hai manusia sungguh kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, dan kami jadikan kamu bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar kamu saling mengenal. Sungguh orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa. Sungguh Allah maha mengetahui dan maha melihat”.

Dalam ayat diatas dijelaskan posisi wanita dalam islam dan posisi laki-laki dalam islam sebagai berikut :

a. Posisi wanita dalam islam adalah sebagai pendamping laki-laki.

b. Kodrat wanita dalam islam bukan atasan atau bawahan yang bisa diperlakukan sekehendak hati atau dituruti layaknya bos. Namun wanita adalah teman hidup yang sejajar.

c. Orang yang paling mulia adalah orang yang paling bertaqwa, baik wanita ataupun laki-laki.

2. Kedudukan ibu lebih tinggi 3 derjad dari bapak.

3. Melindungi wanita dalam perang. Dalam islam wanita sangat dilindungi. Termasuk dalam berperang Nabi melarang membunuh wanita dan anak-anak.

4. Wanita mendapat warisan dalam islam. Pada masa jahiliyah para wanita diperlakukan seperti barang yang bisa diwariskan dan tidak berhak menerima warisan. Setelah islam datang kaum wanita dimuliakan dan mereka berhak mendapatkan warisan sesuai dengan pembagiaan yang telah ditentukan.

5. Wanita shalehah berhak masuk syurga dari pintu manapun. Wanita shalehah adalah wanita yang melaksanakan perintah Allah dan meninggalkan semua larangan-Nya. Oleh karenanya Allah membalasnya dengan jaminan masuk syurga dari pintu manapun yang dia inginkannya. Hal ini dijelaskan dalam hadist berikut ini : “Dari Abu Hurairah R.a berkata bahwa Rasulullah shollalloohu ‘alaihi wasallam berkata : apabila seorang wanita telah melaksanakan sholat lima waktunya, menjalankan puasa, menjaga kemaluannya dan taat pada suaminya maka dia akan masuk syurga dari pintu manapun yang dia inginkan”.

6. Wanita dilindungi kehormatannya oleh islam. Dalam islam Allah mengatur wanita untuk menutup aurat agar terhindar dai pandangan syahwat laki-laki. Itu artinya kehormatan wanita dilindungi dalam islam.

Demikianlah beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh wanita dalam islam. Semoga para wanita bisa memelihara kemuliaan mereka tersebut dalam kehidupan dunia ini untuk kebahagiaan diakhirat kelak.

Solok, 06 April 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin. Tulisan yang bagus dan sangat bermanfaat. Terima kasih share ilmunya. Salam kenal dan jangan lupa follow back ya

06 Apr
Balas

Subhanallah ... masih sulit mem follow pak ! Gangguan kali ya

08 Apr
Balas

Trm ksh buk, salam kenal juga buk.

06 Apr
Balas

Trm ksh buk, salam kenal juga buk.

06 Apr
Balas



search

New Post